Buscar

Memuat...

LAPTOP Asli vs BM


 Persaingan harga dikalangan distributor yang sangat pelik membuat distributor-distributor memutar otaknya untuk mendapatkan barang yang semurah mungkin. Mulai dari yang legal sampai yang ilegal, yah itulah kenyataannya, sebagai customer mungkin ini menguntungkan pun sebaliknya tidak menguntungkan. Banyak varian produk yang beredar, menawarkan harga gila dengan fitur yang aduhai, mulai dari resmi, Paralel Import, dan ada juga yang BM. Apa perbedaan diantara ketiganya? simak tulisan berikut:
 
Laptop resmi, PI, dan BM hanyalah istilah yang diberikan berdasarkan bagaimana barang masuk ke Indonesia. Laptop Resmi adalah Laptop yang didatangkan dari pabriknya melalui jalur distribusi standar. Perusahaan Laptop A menunjuk beberapa master dealer resmi (atau istilah lain) untuk tiap negara. Master Dealer mengimpor barang langsung sekaligus mendistribusikan ke dealer-dealer nasional. Dealer ini mensuplai barang ke Supplier/Toko yang menjual kepada masyarakat. Disini, keuntungan dibagi-bagi tiap terminal distribusi. Karena menggunakan jalur resmi, importir juga dikenakan aturan bea impor yang umumnya dibebankan kepada konsumen. Inilah yang menyebabkan harga barang Impor Resmi relatif lebih mahal.

Laptop PI laptop PI atau Paralel import adalah laptop yang proses importnya dilakukan oleh badan/perorangan secara langsung kepada vendor (produsen), disini terjadi transaksi potong kompas sehingga dapat memangkas beberapa persen harga saja.

Laptop BM, BM atau black market berarti proses masuknya barang secara ilegal (tidak membayar pajak dan tidak tercantum pada daftar barang keluar/ekspor dari produsennya). Ini menyebabkan laptop BM memiliki nilai jual yang sangat murah karena tidak terkena pajak sama sekali dan juga tidak memiliki garansi.

Perbedaan Laptop Resmi, PI dan BM:
Legalitas:
Laptop resmi dan PI adalah laptop yang masuk kedalam negeri secara legal dan mengikuti peraturan undang-undang import barang, hanya saja jalur yang ditempuh secara resmi lebih panjang dibandingkan PI. sedangkan Barang BM adalah barang yang didatangkan secara tidak legal (melanggar peraturan dan undang-undang import)

Jaminan purna jual / garansi
Laptop Resmi datang bersama dengan garansi resmi. Biasanya sekaligus dapat garansi Nasional dan Internasional. Maksudnya kalo garansi nasional, pembeli dapat kartu yang bisa digunakan untuk mengklaim garansi lintas kota dalam satu negara. Beberapa waktu lalu seorang rekan beli laptop di salah satu kota di Jawa Tengah, namun ketika dibawa ke Jakarta laptop tersebut bermasalah. Nah, dia tinggal telpon ke Service Center di Jakarta barang bisa diproses tanpa masalah.
Garansi internasional maksudnya layanan jaminan kualitas lintas negara yang bisa diklaim dengan mengirimkan kartu garansi internasional tersebut ke kantor pusat vendor laptop. Biasanya kartu ini disertakan perusahaan vendor bersamaan dengan proses import barang. Sebagai ilustrasi, jika Anda bepergian membawa laptop yang dibeli dari Indonesia dan suatu saat bermasalah di negara lain, bisa langsung diklaim garansinya di negara tersebut tanpa harus repot2 balik ke Indonesia.
Laptop PI biasanya masih dapat garansi internasional. Seorang rekan pernah bercerita bahwa saudaranya membeli laptop dari Canada. Suatu saat ketika pulang ke Surabaya laptop tersebut bermasalah. Kemudian dia bawa laptop tersebut ke service center lokal dengan menunjukkan kartu garansi internasional dan langsung bisa diterima. Hati-hati, beberapa toko mengatakan laptop PI sebagai laptop resmi. Kalo toko yang agak baikan akan mengatakan garansi toko 1 tahun, maksudnya bila ada masalah akan dibantu memproses pengiriman barang ke service center atau vendor.
Laptop BM datang tanpa garansi. Kalau tokonya lagi baik hati, paling dikasih iming-iming garansi toko 1 tahun. Kalaupun ada kartu garansi internasional biasanya vendor nggak mau menerima registrasi karena barang tersebut tidak masuk dalam daftar ekspor mereka. Jadi jangan berharap ada layanan garansi yang sebenarnya di sini.

Bagaimana membedakan laptop resmi, PI dan BM?

Tanyakan kartu garansinya ke penjualnya. Cek kartu garansinya, apakah dikeluarkan oleh distributor resmi atau tidak. Nomor telepon service centernya pasti tercantum disana, hubungi bila perlu. Beberapa produsen saat ini juga menyediakan registrasi serial number, segera registrasikan bila memang produsen menyediakan fasilitas tersebut.

Notebook dengan garansi resmi akan diterima di service center di semua kota, bahkan dengan garansi internasional akan diterima di seluruh dunia. Pertimbangkan dengan baik keputusan Anda saat membeli barang, jangan tergesa-gesa dan terbujuk dengan rayuan harga yang murah.

Amankah membeli laptop PI dan BM?
Ini tergantung dari informasi yang anda miliki tentang distriburot PI, di Indonesia ada beberapa dealer PI yang mendirikan jaringan service center sendiri, sehingga layanan purna jualnnya memiliki kualitas yang hampir sama dengan layanan resmi. Untuk barang BM kami tidak merekomendasikan untuk membeli barang BM, pertama karena jalurnya yang ilegal, dan tidak mendapat garansi sama sekali.

semoga secuil tulisan ini dapat membantu,, salam dan terimakasi

0 komentar:

Poskan Komentar